Jangan lupa bagikan jika bermanfaat

Sabtu, 09 Maret 2019

kunci jawaban SKU penegak bantara

Salam Pramuka!!!
 

Berikut adalah kunci jawaban SKU penegak bantar

TRI SATYA

-Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menjalankan pancasila.
-Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat
-Menepati Dasa Dharma

DASA DHARMA

- takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- cinta alam dan kasih-sayang sesama manusia
- patriot yang sopan dan kesatria
- patuh dan suka bermusyawarah
- rela menolong dan tabah
- rajin, terampil, dan gembira
- hemat, cermat, dan bersahaja
- disiplin, berani, dan setia
- bertanggung jawab dan dapat dipercaya
- suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

(1). AGAMA ISLAM :

  .Makna Rukun Iman:

            Iman menurut bahasa berarti membenarkan.Sedangkan, iman menurut istilah syariat, maksudnya mengakui dengan lisan (perkataan), membenarkan (tashdiiq) dengan hati dan mengamalkannya dengan anggota tubuh.

Adapun rukun Iman itu sendiri terdiri atas 6 rukun antara lain:
-Iman kepada Allah
-Iman kepada para malaikat
-Iman kepada kitab-kitab Allah
-Iman kepada Nabi dan rasul
-Iman kepada hari akhir(Kiamat)
-Iman kepada Qada’ dan Qadar

Ø  Iman menurut bahasa artinya percaya atau yakin terhadap sesuatu.

Iman menurut istilah adalah pengakuan di dalam hati, diucapkan dengan lisan dan dikerjakan dengan anggota badan. Iman kepada Allah merupakan suatu keyakinan yang sangat mendasar. Tanpa adanya iman kepada Allah SWT, seorang tidak akan beriman kepada yang lain, seperti beriman kepada malaikat, kitab-kitab, rasul-rasul Allah dan hari kiamat

Ø  Malaikat adalah makhluk Allah yang berada di alam ghaib yang senantiasa beribadah kepada Allah. Mereka tidak memiliki sifat-sifat ketuhanan dan tidak berhak disembah. Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan mereka dari cahaya dan mengaruniakan kepada mereka sikap selalu tunduk kepada perintah-Nya serta diberikan kesanggupan untuk menjalankan perintah-Nya.

Secara ijmal adalah mengimani bahwa Allah memiliki malaikat dalam jumlah banyak yang senantiasa beribadah kepada Allah, selalu tunduk kepada perintah-Nya dan mampu menjalankannya. Adapun secara tafshil sebagaimana telah diterangkan di atas, yaitu mengimani semua dalil yang menerangkan lebih rinci tentang malaikat seperti menerangkan namanya, sifatnya, tugasnya, dsb sesuai tingkatan ilmu yang diperoleh oleh mukallaf (setiap muslim yang sudah baligh). Contoh tentang namanya adalah malaikat Jibril, Mikail, Israfil< Munkar, Nakir, Malik dsb. Contoh tentang sifatnya adalah sifat malaikat Jibril.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melihatnya dalam wujud aslinya, di mana ia memiliki 600 sayap (HR. Bukhari), masing-masing sayap menutupi ufuk (HR. Ahmad).

Sedangkan contoh tugas mereka adalah sbb:
Malaikat Jibril ditugaskan menyampaikan wahyu.
Malaikat Mikail ditugaskan mengurus hujan dan tumbuh-tumbuhan.
Malaikat Israfil ditugaskan meniup sangkakala.
Malaikat maut ditugaskan mencabut nyawa.
Malaikat yang ditugaskan menjaga surga dan neraka.
Malaikat yang ditugaskan meniup ruh pada janin dan mencatat rezeki, ajal, amal, dan apakah ia sebagai orang yang celaka atau bahagia.
Para malaikat yang ditugaskan menjaga dan menulis amal perbuatan manusia.Setiap manusia dijaga oleh dua malaikat, yang satu berada di sebelah kanan, dan yang satu lagi berada di sebelah kiri.
Para malaikat yang ditugaskan menanyakan mayit di dalam kuburnya. Seorang mayit akan ditanya tentang Tuhannya, agamanya, dan nabinya

Ø  Makna Iman Kepada kitab-kitab allah

Kitab menurut bahasa adalah tulisan, karya tulis, atau nama bagi seratus tulisan yang mempunyai makna. Menurut istilah, kitab Allah adalah kumpulan wahyu yang diturunkan Allah SWT, kepada para Rasul-rasul-Nya melalui Malaikat Jibril.Dan kitab tersebut diturunkan dengan tujuan untuk menuntun seluruh umat manusia menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

Beriman kepada Kitab Allah SWT adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah menurunkan wahyu berupa Kitab kepada para Rasul dengan Kitab tersebut mengandung makna berupa larangan-larangan perintah Allah, apa-apa yang diwajibkan dilaksanakan, yang berguna untuk membimbing umat manusia ke jalan yang benar, agar dapat menggapai suatu kebahagiaan didunia dan akhirat.

Sepertihalnya contoh pada Q.S An-Nisa Ayat 136 yang artinya : "Wahai orang-orang yang beriman ! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhamad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya.Barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya, orang itu telah tersesat sangat jauh."(Q.S. an-Nisa'4/136).

            Kitab-kitab Allah
Seperti halnya dalam cerita dialog Abu Zar r.a bertanya kepada Rasulullah SAW, "Berapa kitab yang diturunkan Allah?", Rasulullah menjawab, "Seratus empat kitab, antara lain lima puluh kitab suhuf diwahyukan kepada Nabi Syis. a.s, tiga puluh suhuf diwahyukan kepada Nabi Idris a.s, sepuluh suhuf diwahyukan kepada Nabi Ibrahim a.s, dan empat kitab diwahyukan kepada empat Rasul Allah".

Dan keempat Kitab dan Rasul Allah yang dimaksud adalah sebagai berikut :
Nabi Musa. A.S, yaitu Kitab Taurat
Nabi Dawud. A.S, yaitu Kitab Zabur
Nabi Isa. A.S, yaitu Kitab Injil
Nabi Muhammad SAW, yaitu Kitab Al-Qur'an

A. Nabi Musa. A.S (Kitab Taurat)

Perhatikan mengenai firman Allah (Al-Qur'an Surat Al-Ma'idah/5:44) yang artinya : "Sesungguhnya, Kami yang menurunkan Kitab Taurat ; didalamnya (ada) petunjuk dan cahaya. Yang dengan Kitab itu para Nabi yang berserah diri kepada Allah memberi putusan atas perkara orang Yahudi., demikian pula para ulama dan pendeta-pendeta mereka, sebab mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka mengjadikan saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu jual ayat-ayat-Ku dengan harga murah. Barang siapa tidak memutuskan dengan apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang kafir".

Kitab Taurat adalah merupakan salah satu dari tiga komponen, yaitu thora, nabiin, dan khetubiin.Tiga komponen itu terdapat dalam kitab agama Yahudi yang disebut Biblia (Al-Kitab).Orang-orang Nasrani menyebutnya Pld Testament (Perjanjian Lama). Taurat yang terdapat dalam Kiiitab Perjanjian Lama terdiri dair kitab yang berasal dari Nabi Musa. A.S, yaitu kitab Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, dan Ulangan.

B. Nabi Dawud. A.S (Kitab Zabur)

Zabur dalam bahasa Arab sering disebut mazmur dari jamak mazamir.Zabur berisi 150 nyanyian yang disenandungkan Nabi Dawud.A.S. dengan mengungkapkan semua pengalaman yang dialami para masa hidupnya, seperti dosa, kejatuhan, pengampunan dosa, suka cita tentang kemenangan atas musuh Allah, dan Kemuliaan Allah.

Perhatikan pada Firman Allah Al-Qur'an Surat An-Nisa/4:163), yang artinya : "....Dan kami telah memberikan Kitab Zabur kepada Dawud".


Kitab Zabur meruupakan ajaran yang berisi lima nyanyian, yaitu :
Nyanyian kebaktian untuk memuji Tuhan
Ratapan-ratapan jamaah
Ratapan dan doa individu
Nyanyian untuk raja
Nyanyian perorangan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan

C. Nabi Isa. A.S (Kitab Injil)

Kitab Injil yang berisi ajakan kepada umat Nabi Isa.A.S. untuk hidup zuhud, yaitu menjauhi kerakusan dan ketamakan duniawi.Hal itu dimaksud untuk meluruskan pandangan orang-orang Yahudi yang bersifat materialistis.

Perhatikan Firman Allah dalam Al-Qur'an Surat Al-Ma'idah/5:46) yang artinya : "Dan Kami teruska jejak mereka dengan mengutus Isa putra Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat. Dan Kami menurunkan Injil kepadanya, didalamnya terdapat petunjuk dan cahaya, dan membenarkan Kitab yang sebelumnya yaitu Taurat, dan sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa".

D. Nabi Muhammad SAW (Kitab Al-Qur'an)

Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan Allah SWT, kepada Nabi Muhammad SAW, melalui Malaikat Jibril.Al-Qur'an mempunyai tujuan untuk menyempurnakan Kibat-Kibat sebelumnya, yaitu Zabur, Taurat, dan Injil.Dengan diwahyukan Al-Qur'an maka habislah masa berlaku kitab-kitab tersebut.Oleh karena itu, Al-Qur'an mempunyai keistimewaan dibandingkan dengan kitab-kitab suci yang sebelumnya.Apalagi, jika dibandingkan dengan buku-buku ilmiah atau sastra karangan manusia.

Kelebihan Al-Qur'an adalah sebagai berikut :

Membenarkan kitab-kitab tardahulu
Memuat kisah-isah Nabi terdahulu
Memberi ketentraman jiwa, kebahagian, dan pengobatan hati yang sedang susah
Mengangkat derajat umat Islam yang sungguh-sungguh menamalkan isinya
Merupakan mukjizat sepanjang masa.

Fungsi Iman kepada Kitab-kitab Allah
Pada hakikatnya orang hidup memerlukan aturan dan pedoman, Aturan yang dibuat manusia disebut undang-undang atau tata tertib.

Undang-undang atau tata tertib itu hanya mengatur kehidupan dunia, sedangkan aturan atau pedoman yang mengatur kehidupan didunia dan akhirat disebut kitab suci.Oleh sebab itu, dengan diturunkannya Al-Qur'an, manusia mendapat pegangan hidup yang benar dan terhindar dari hal yang tidak benar.

Di antara fungsi iman kepada kitab-kitab Allah adalah :
Mendapat petunjuk yang benar.
Mengerti perintah dan larangan Allah
Menambah mantap dalam beribadah kepada Allah
Sabar menerima cobaan, selalu bersyukur, dan jauh dari sifat sombong ketika mendapat keberhasilan
Mempunyai kepekaan sosial yang tinggi sehingga memperhatikan lingkungan dimana dia hidup

Mengingatkan seseorang untuk tidak berbuat selain yang diridai Allah.
Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, kita tentu harus mengimani Al-Qur'an sebagai pedoman hidup.Untuk dapat mengerti dan merasakan fungsi Al-Qur'an, kita tidak hanya dituntut dapat membaca dan mengartikan, tetapi lebih jauh arus memahami dan berusaha mengamalkan ajarannya.Dengan demikian, insya Allah kita dapat selamat dunia dan akhirat.

Sikap Perilaku Iman kepada Kitab Allah SWT
Beriman kepada kitab-kitab Allah merupakan sikap mental dan perasaan.Oleh sebab itu, mengatur hakikat seseorang beriman atau tidaknya kepada kitab-kitab Allah, hanya Allah Rabb Yang Maha Mengetahui segala yang gaib dan nyata.

Orang yang beriman kepada kitab Allah tentu pasti akan membuktikan keimanannya dengan sikap dan perilaku yang dapat diketahui oleh pancaindra manusia. Berikut dibawah ini adalah sikap perilaku beriman kepada kitab Allah SWT, yaitu :
Mengetahui dan menghormati kedudukan kitab-kitab Allah sebelum Al-Qur'an, yang dijadikan pedoman hidup oleh umat-umat sebelum Nabi Muhammad (Al-Qur'an).

Meyakini dan mengakui bahwa kitab suci Al-Qur'an merupakan kitab yang paling utama dan paling akhir yang diturunkan karena Al-Qur'an membenarkan kitab-kitab sebelumnya.
Mengakui dan meyakini bahwa Al-Qur'an adalah pedoman hidup, bukan hanya untuk bangsa Arab, tetapi untuk seluruh umat manusia sampai akhir zaman.
Menjalani hidup hanya untuk beribadah kepada Allah, sebagaimana Al-Qur'an menegaskan bahwa tujuan diciptakan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah.
Hikman beriman kepada Kitab-kitab Allah

Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah adalah sebagai berikut, yaitu :
Setiap orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah akan mendapatkan pahala dari Allah. Beriman kepada kitab-kitab Allah hukumnya wajib.Pengertian wajib menurut hukum Islam adalah sesuatu yang jika dikerjakan mendapat pahala, dan jika ditinggalkan mendapat dosa.

Orang beriman kepada kitab-kitab Allah akan menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dengan bukti selalu beramal saleh sehingga ia akan mendapat banyak kebaikan dinia dan akhirat.

Al-Qur'an akan menjadi obat mujarab bagi penyakit mental manusia jika meyakini kebenaran dan mengamalkan seluruh ajarannya.
Terdorong untuk meningkatkan diri karena Al-Qur'an mendorong umat manusia untuk mempelajari ilmu pengtahuan dan teknologi serta meningkatkan ke arah yang maju.

Ø  Iman Kepada Nabi dan Rasul

Beriman kepada rasul adalah salah satu rukun iman dalam agama Islam, dimana tidak sah iman seseorang tanpa beriman kepada para rasul tersebut.

 Pengertian beriman kepada rasul-rasul adalah: meyakini secara pasti bahwa Allah SWT Mempunyai rasul-rasul, mereka sengaja dipilih Allah untuk menyampaikan risalahNya. Barangsiapa mengikuti mereka maka mendapat petunjuk dan barangsiapa yang mengingkarinya akan tersesat. Dan mereka para rasul telah menyampaikan semua yang telah diturunkan Allah kepada mereka secara jelas.

Mereka telah menunaikan semua amanah, membimbing umat dan berjuang di jalan Allah dengan sebenar-benarnya, menegakkan hujjah, tidak ada sedikitpun isi risalah yang diganti atau diubah atau disembunyikan mereka.Kita wajib beriman kepada semua rasul baik yang disebutkan namanya atau yang tidak disebutkan, dan setiap rasul yang datang pasti membawa berita tentang kedatangan rasul setelahnya dan rasul yang dating sesudahnya membenarkan rasul-rasul sebelumnya.

Ø  Iman Kepada Hari akhir (Kiamat)

Yang di maksud beriman kepada hari kiamat/ akhir adalah mempercayai bahwa seluruh alam semesta dan segala isinya pada suatu saat nanti akan mengalami kehancuran dan mengakui bahwa setelah kehidupan di dunia ini akan ada kehidupan yang kekal yakni di akhirat nanti. Keperayaan kepada hari kiamat merupakan masalah sam’iyyat, yakni masalah yang kita ketahui dan kita percayai berdasarkan dalil yang ada dalam Al-Quran dan hadis.Hari akhir yakni hari dimana seluruh kehidupan yang ada di alam semesta ini berakhir.

Kiamat Sugra

 Kiamat Sugra berarti kiamat kecil.Seperti kematian, gempa bumi, gunung meletus, banjir dan lain-lain.Kiamat sugra di sebit juga kiamat kecil, yaitu berakhirnya kehidupan masing- masing mahluk. Setiap mahluk yang hidup akan menemui kematian. Binatang- binatang akan mati setelah masa hidupnya selesai. Tumbuh- tumbuhan juga akan mengalami hal yang sama, demikian juga manusia. Hal itu seperti yang di jelaskan Alaah dalam surah Ali Imran Ayat 185,“ Tiap –tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalahdi sempurnakan pahalamu. Barang siapa di jatuhakan dari neraka dan di  masukan ke dalam surga, maka sesungguhnya iatelah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanya kesenangan yang memberdayakan.”

Kematian adalah terpisahnya antara jasmani dan rohani.Jasmani kembali ke asala yakni tanah.Dan rohan kembali kealam kubur (alam Barzah).Alam kubur adalah alam tempat hidup umat manusia setelah mati sampai merea kembali di bangkitkan oleh Allah dan tiba waktunya hari perhitungan atas amal perbuatan mereka ketika di dunia. Ada dua kelompok manusia di Alam barzah, yaitu :

a. Kelompok yang memperoleh kenikmatan dan rida Allah SWT. Adalah kempok orang mukmin yang saleh.Ia akan bisa menjawab semua pertanyaan yang i ajukan dengan baik tanpa ada rasa takut dan gentar. Kemudian Allah SWT, memperlihatkan kepadanya salah satu pintu surga tempat tinggalnya nanti yang penuh dengan kebahagiaan dan kenikmatan.

b. Kelompok yang memperoleh murka dari Allaw SWT. Adalah kelompok orang –orang yang kafir .Ia mendengar segala pertanyaan malaikat Mungkar dan malaikat Nangkir itu, tetapi ia tidak bisa menjawabnya. Kemudian AllahSWT, memperlihatkan kepadanya salah satu pintu neraka dengan berbagai macam siksaan.

Kiamat Kubra

Kiamat Kubra ( kerusakan besar) adalah hancurnya Alam semesta dengan segala isinya. Keadaan alam semesta dan segala isinya pada waktu terjadi kiamat banyak di jelaskan Allah dalam Al-Quran. Kapankah terjadinya hari kiamar kubra itu ?Hanya Allah saja yang mengetahui.Tidak ada satu mahluk pun yang mengetahuinya termasuk para malaikat Allah. Setelah kiamat kubra terjadi maka malaikat Israfil akan meniup sangkakala untuk yang kedua kalinya. Hal ini pertanda Allah akan membangkitkan dan menghidupkan kembali manusia yang paling akhir yang hidup du muka bumi akan bangkitnya dari alam kubur. Peristiwa ini di namakan Yaumul ba’ast.

Tanda –tanda Kiamat  Kecil

Tanda-tanda kecil hari kiamat antara lain:
a. Hamba sahaya perempuan di kawini oleh tuannya.
b. Ilmu agama di anggap sudah tidak penting lagi.
c. Tersebarnya perzinaan karena memperoleh izin dari penguasa.
d. Minuman keras merajalela.
e. Jumlah wanita lebih banyak daripada laki- laki dengan perbandingan 50:1.
f. Adanya dua golongan besar yang saling membunuh, tetapi sama-sama mengaaku dirinya memperjuangkan agama islam.
g. Lahirnya Dajal ( tukang dusta) yang mengaku dirinya utusan Allah SWT, dan banyak berbohong serta menipu dan menganggap baik sesuatu yang buruk dna menggambarkan sesuatu tidak baik dengan gambaran yang memikat hati.
h. Banyak terjadi gempa bumi
i.  Fitnah muncul di mana- mana
j. Pembunuhan merajalela
k. Banyak manusia yang menginginkan dirinya mati.


 Tanda – tanda Kiamat  Besar

Tanda-tanda besar kiamat antara lain:
a. Matahri muncul dari barat
b. Munculnya binatang ajaib yang bisa berbicara
c. Rusaknya Kakbah
d. Lenyapnya Al-Quran
e. Seluruh manusia menjadi kafir
f. Munculnya Yakjut Makjut

Ø  Iman kepada Qada  dan Qadar

1. Selalu menyadari dan menerima kenyataan.

Iman kepada qadha dan qadar dapat menumbuhkan kesadaran yang tinggi untuk menerima kenyataan hidup.Karena yang terjadi adalah sudah pada garis ketentuan Allah pada hakekatnya bencana atau rahmat itu semata-mata dari Allah SWT. Firman Allah SWT :

Artinya : “Katakanlah: “Siapakah yang dapat melindungi kamu dari (takdir) Allah jika Allah menghendaki bencana atasmu, atau menghendaki rahmat untuk dirimu dan orang-orang munafik itu tidak memperoleh bagi mereka pelindung dan penolong selain Allah”. (QS. al-Ahzab : 17)

2. Senantiasa bersikap sabar.

Orang yang beriman kepada qadha dan qadar akan senantiasa menerima segala sesuatu dengan penuh kesabaran, baik dalam situasi yang sempit atau susah dan tetap bersabar dalam situasi senang atau bahagia. Dengan demikian orang yang beriman kepada takdir Allah SWT senantiasa dalam keadaan yang stabil jiwanya.

Artinya : “Apakah manusia itu mengira mereka akan dibiarkan, sedang mereka tidak diuji lagi ?”. (QS. al-Ankabut : 2)

Wujud ujian dan cobaan bisa berupa tiadanya biaya pendidikan, fisik yang lemah, penyakit, orang tua meninggal, dilanda bencana alam, dan sebagainya. Perhatikan firman Allah berikut :

Artinya : “Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. al-Baqarah : 155)

Renungkan ayat 155 surat al-Baqarah, yaitu supaya memberi berita gembira kepada orangorang yang sabar. Memang dalam menghadapi cobaan diperlukan sikap sabar. Tanpa sikap sabar akan sulit manusia mencapai sukses.

3. Rajin dalam berusaha dan tidak mudah menyerah.

Agar seseorang terus giat berusaha ia pun yakin bahwa segala hasil usaha manusia selalu diwaspadai, dinilai, serta diberi balasan. Firman Allah :
Artinya : “Dan bahwasannya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usahanya itu kelak akan di perlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna, dan bahwasannya kepada Tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu)”. (QS an-Najm : 39-42)


4. Selalu bersikap optimis, tidak pesimis.
Keyakinan terhadap Qadha dan Qadar dapat menumbuhkan sikap yang optimis tidak mudah putus asa. Karena ia yakin walau sering gagal, pasti suatu saat akan berhasil sehingga tidak akan berputus asa.

Firman Allah SWT :
Artinya : “…dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tidaklah berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (QS. Yusuf : 87)

5. Senantiasa menerapkan sikap tawakal.
Tawakal (berserah diri0 kepada Allah SWT akan tumbuh pada diri seseorang jika ia meyakini bahwa segala sesuatu telah dikehendaki Allah. Allah Maha bijaksana sehingga menurut keyakinannya Allah tidak mungkin menyengsarakannya.Allah sumber kebaikan sehingga tidak mungkin Allah menghendaki hamba-Nya kepada keburukan.

Firman Allah SWT :
Artinya : “Sesungguhnya aku bertawakkal kepada Allah, Tuhanku, dan Tuhanmu. Tidak ada satu binatang melata pun, melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya.Sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus.” (QS. Hud : 56).

B. Hubungan Qadha dan Qadar

Beriman kepada qadha dan qadar merupakan rukun iman yang keenam. Qadha adalah ketentuan akan kepastian yang datangnya dari Allah SWT terhadap segala sesuatu sejak zaman azali, yaitu sejak zaman sebelum sesuatu itu terjadi. Segala sesuatu yang terjadi telah diketahui Allah SWT terlebih dahulu karena Dialah yang merencanakan serta yang menentukannya. Seluruh makhluk, baik malaikat, syetan, jin, maupun manusia tidak akan mengetahui rencana-rencana Allah SWT tersebut.

Manusia punya rencana, tetapi Allah SWT yang menentukan. Ungkapan ini merupakan salah satu bentuk cara memahami qadha dan qadar Allah SWT. Manusia memang diberi kemampuan untuk berbuat dan berpikir, namun kedudukan Allah SWT dan kekuasaan-Nya adalah di atas segala-galanya.

Ketentuan Allah SWT ini merupakan hak mutlak (absolut), tanpa campur tangan siapapun dan dari manapun.Oleh karena itu manusia harus mau menerima kenyataan. Kemampuan manusia terbatas pada ikhtiar untuk mengatasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Sedangkan berhasil atau gagal, ini merupakan kekuasaan Allah SWT semata. Rasulullah saw bersabda :

Artinya : “Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a katanya: baginda s.a.w bersabda: Allah SWT mengutus Malaikat ke dalam rahim. Malaikat berkata: Wahai Tuhan! Ia masih berupa air mani. Setelah beberapa waktu Malaikat berkata lagi: Wahai Tuhan! Ia sudah berupa segumpal darah. Begitu juga setelah berlalu empat puluh hari Malaikat berkata lagi: Wahai Tuhan! Ia sudah berupa segumpal daging.
Apabila Allah SwT membuat keputusan untuk menciptakannya menjadi manusia, maka Malaikat berkata: Wahai Tuhan! Orang ini akan diciptakan lelaki atau perempuan? Celaka atau bahagia?Bagaimana rezekinya?Serta bagaimana pula ajalnya? Segala-galanya dicatat ketika masih di dalam kandungan ibunya”.(HR Bukhari dan Muslim)

Qadar adalah ketentuan-ketentuan Allah SWT yang telah berlaku bagi setiap makhluk sesuai dengan ukuran dan ketentuan yang telah dipastikan oleh Allah SWT sejak zaman azali.Oleh karena itulah, baik buruknya telah direncanakan terlebih dahulu oleh Allah SWT.

 Sebagaimana firman Allah SWT :
Artinya : “Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya.” (QS Ar Ro’du: 8)
Dari pengertian hadis dan ayat di atas dapat diambil kesimpulan bahwa qadha dan qadar atas diri manusia telah diputuskan oleh Allah SWT sebelum manusia ada atau dilahirkan ke dunia ini.Dalam kehidupan sehari-hari, istilah qadha dan qadar biasa disebut juga dengan takdir.Jadi, beriman kepada qadha dan qadar dapat dikatakan pula dengan beriman kepada takdir.

Takdir baru dapat diketahui oleh manusia dengan kenyataan atau peristiwa yang yang telah terjadi, contoh :

1. Terjadinya musibah bencana tsunami di Aceh pada tanggal 26 Desember tahun 2004 yang merenggut ratusan ribu korban meninggal dunia. Sebelum kejadian tersebut tak ada seorangpun yang mengetahuinya.

2. Dalam suatu kejadian kecelakaan yang menewaskan seluruh penumpang ternyata ada seorang bayi yang selamat. Menurut ukuran akal, si bayi adalah makhluk yang sangat lemah dan tidak mampu mencari perlindungan, tetapi malah dia yang selamat. Sementara penumpang lain yang sudah dewasa dan dapat berusaha menyelamatkan diri malah meninggal dunia.

3. Ada seorang yang dilahirkan dari keluarga yang sangat miskin. Orang sekampung memperkirakan anak tersebut kelak juga akan menjadi miskin seperti orang tuanya. Namun, setelah anak tersebut dewasa ternyata menjadi orang yang pandai berdagang, sehingga dia menjadi orang yang kaya.

Contoh-contoh di atas hanyalah merupakan bagian kecil ari peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan takdir Allah SWT.Masih banyak sekali peristiwa yang bisa kita pahami sebagai perwujudan dari qadha dan qadar dari Allah SWT. Namun dari berbagai contoh di atas menunjukkan bahwa qadha dan qadar Allah SWT akan tetap berlaku kepada setiap makhluk-Nya. Oleh karena itu, orang beriman harus meyakini dengan sepenuh hati akan adanya qadha dan qadar.

Firman Allah SWT :
Artinya : “Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (takdir) Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui”. (QS. Yasin : 38)

Dalam surat al-Hadid ayat 22, Allah juga berfirman :
Artinya : “Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri, melainkan telah tertulis dalam kitab (lauhul mahfuzh) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS. al-Hadid : 22)

2. Berani menyampaikan kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada sesama teman.
hal yang dapat digunakan untuk menyampaikan kritik yang baik.

1.  Kritik disampaikan secara obyektif. Artinya kritik tidak memandang subyektif (orang yang akan dikritik), siapapun orangnya walaupun itu presiden sekalipun layaknya juga dikritik ketika ia melakukan kesalahan. Pun juga kritik yang obyektif adalah kritik yang sesuai dengan realitas yang terjadi, akan menjadi kritik yang tidak obyektif apabila kritik itu tidak sesuai dengan realitas.

(2.) Berani menyampaikan kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada sesama teman
Hal-hal yg perlu diperhatikan dalam menyampaikan kritik dan saran dengan sopan dan santun kepada sesama teman adalah sebagai berikut.

         Berani mengemukakan kritik dan saran dengan sopan dan santun, tanpa menyinggung teman, maksudnya jika kita membicarakan sesuatu dengan teman, kita perlu mempunyai rasa percaya diri agar dapat menyampaikan kritik agar dapat membuat teman sadar akan kesalahannya, begitupula dengan sarang yang disampaikan bertujuan agar dapat menyelasaikan masalah
         Dapat mengungkapkan alasan , maksudnya adalah agar kritik dan saran yang kita sampaikan tidak keluar begitu saja dan karena memiliki alasan sehingga kritik dan saran yang kita sampaikan dapat dipertimbangkan oleh teman
         Dapat memilih kata-kata yang tidak menyinggung temannya, maksudnya kata-kata yang digunakan adalah kata-kata yang benar dan disampaikan secara tidak emosional dan objektif sekaligus sifatnya membangun (kontruktif)
         Tahu waktu yang tepat untuk menyampaikan kritikan, maksudnya adal memilih waktu yang tepat seperti menunggu teman selesai berbicara, saat diberikan waktu dan lain-lain
         Dapat  membaca perasaan teman, maksudnya adalah sebelum member kritik dan saran sebaiknya kita memperhatikan teman apak dia dalam perasaan yang beik atau tidak, jika tidak beri lah


(3.) Mengikuti jalannya diskusi dengan baik

A. Pengertian Diskusi
Kata diskusi berasal dari kata discussus (Latin) yang berarti bertukar pendapat.Diskusi pada umumnya bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang suatu masalah atau untuk memecahkan suatu masalah secara bersama-sama.

Berikut beberapa pengetian diskusi:
§  Diskusi adalah bentuk komunikasi dua arah yang merupakan satu bentuk tukar pikiran atau pembicaraan   secara teratur dan terarah mengenai suatu masalah.
§  Diskusi adalah suatu cara bertukar pikiran yang dilakukan melalui jalan musyawarah.
§  Diskusi adalah bertukar pikiran mengenai suatu masalah yang sifatnya actual dan   menyankut kepentingan  umumdan keputusan yang diambil secarah musyawarah.
.
Tujuan Diskusi
Mendapatkan suatu pengertian tentang perbedaan dan kesamaan pendapat.
a.Mengadakan kesepakatan                                                    
b.Memperoleh keputusan bersama mengenai suatu masalahc.Belajar dari orang lain dari banyak hald.Menilai pendapat orang laine.Mengemukakan ide sendiri untuk diuji dan dinilai kebenarannya.
C.  Pihak-pihak yang yang terlibat dalam diskusi
1.   Moderator : pemimpin diskusi atu pengendali diskusi]
2.   Peserta (audience : satu kelompok atau dapat dibagi beberapa kelompok
3.   Peninjau  : Penyelenggara atau Pembina
4.   Pengunjung  : pemerhati atau hanya sebagai penonton

F.  Syarat-Syarat Moderator  yang Baik
-       Mengerti aturan diskusi                                                                                      
  -       Sabar, rendah hati, dan menguasai pendapat setiap pembicara                                             -            Jujur, ramah dan tidak berat sebelah                                                                                    -         Dapat menghidupkan suasana diskusi                                                                                      -     Dalam memberikan tanggapan selalu bersifat obyektif

G.  Syarat-Syarat Peserta diskusi  yang Baik
1. Memenuhi aturan main diskusi2. Memahami dan menguasai materi diskusi 3.Aktif mengembangkan buah pikiran4. Menghargai pendapat orang lain 6. Berbicara dengan sopan dan jelas serta tidak berbelit-belit7.Tidak takut dikritik dan berani melontarkan pikiran8.Berani berpendapat dan berbicara dengan terbuka.9.Aktif dari awal hingga selesai10. Tidak mengecewakan orang lain

H.  Tata Pelaksanaannya
Dalam pelaksanaan diskusi kelompok, beberapa orang bertukar pikiran tentang masalah khusus untuk mencari pemecahannya.  Masalah yang yang didiskusikan harus dirumuskan sebaik-baiknya sehingga terbatas pada masalah yang kongkrit sehingga tidak ada beberapa masalah yang dibahas berulang-ulang atau  timpang tindih.

Seperti pada cara mengemukakan pendapat dalam diskusi berikut:
1.Menggunakan bahasa yang baik, logis dan masuk akal.2.Harus langsung mengena pada pokok persolan.3.Menghilangkan rasa emosional dan jangan memaksakan kehendak pendapanya harus diterima.4.Materi pembicaraaan jangan menjatuhkan orang lain atau menjelekkan orang lain.5.Dalam mengemukakan pendapat merupan solusi bukan menambah permasalahan.

Berikut contoh kata yang dapat digunakan untuk menyangga pendapat  yang baik:
1.Kurang sependapat
2.Kurang dapat diterima
3.Perlu ditinjau kembali
4.Belum sesui dengan pokok permasalahan
5.Kurang sesuai
6.Mungkin ada pendapat yang lain

   Berikut contoh kata yang dapat digunakan untuk menerima pendapat  yang baik:
1.Pendapat anda sesuai dengan tujuan
2.Saya setuju
3.Pendapat anda sangat bagus
4.Pendapat anda obyektif
5.Pendapat anda merupakan solusi terbaik

I.  Bentuk-Bentuk Diskusi
   Ditinjau dari tujuan dan cara pencapaiannya, diskusi dapat dibedakan melalui bentuk-bentuk diskusi sebagai berikut:
1.   Diskusi Kelompok;
   1)       problem solving (pemecahan masalah)          
    2)       self-maintenance (diskusi mandiri)                                                                              
    3)       sharing (berbagi pengalaman)

2.       Diskusi Umum;
Ø  diskusi panel                
Ø  seminar                                  
Ø  simposium                    
Ø  kongres                                                  
Ø  lokakarya
Ø  muktamar                    
Ø  kolokium  
Ø  konferensi
Ø  temu wicara  rapat
Keterangan;
·         Promblem solving      ; diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk memecahkan suatu masalah yang  diberikan oleh orang lain.
·         Self maintenance       ; diskusi pemecahan masalah yang ditemukan sendiri. Topik  diskusi ditentukan sendiri.
·         Sharing                         ; diskusi untuk memecahkan masalah pribadi (bersifat individual). Pada umumnya     sharing  merupakan suatu tukar pengalaman yang sering kali mengandung rahasia.    
·         Panel                             ;  diskusi kelompok di hadapan orang banyak.
·         Seminar                       ;  pertemuan /persidangan untuk membahas suatu masalah yang dipimpin  seorang ahli
·         Simposium                      ;  pertemuan untuk membahas prasaran-prasaran mengenai suatu topik tertentu,  biasanya diikuti oleh ahli dari berbagai disiplin ilmu.
·         Kongres                   ;  rangkaian pertemuan para wakil organisasi untuk mendiskusikan dan   mengambil  keputusan yang penting.
·         Sarasehan                ;  pertemuan untuk mendengarkan pendapat (prasaran) para ahli  mengenai   suatu  masalah  dalam bidang tertentu.
·         Lokakarya             ;  pertemuan untuk antar ahli (pakar) untuk membahas suatu masalah  yang berkaitan dengan keahliannya (sanggar kerja;workshop)
·         Muktamar              ;  pertemuan dan perundingan masalah –masalah politik
·         Kolokium              ;  kegiatan belajar pada tingkat sarjana, yang dilakukan dalam Bentuk konferensi untuk  membahas proyek penelitian bertaraf  lanjutan.
·         KonfeKonfrensi     ; rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat   Mengenai suatu masalah  yang dihadapi bersama
·         Temu wicara          ; pertemuan yang dilakukan untuk membicarakan bidang tertentu Biasanya mengenai; hambatan dan cara penanggulangnya
·         Rapat                   ; suatu pertemuan untuk membicarakan sesuatu kegiatan.

(4.) Menghormati dan toleransi dalam bakti antar umat beragama

Sedangkan kerukunan umat bragama yaitu hubungan sesama umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara.

 (5.) Kegiatan Ambalan

-Latihan rutin setia jum’at sore
-Persami
-Pertika
-Outbond
-Pekreasi
-Praktek lapangan
-Pemberian materi

(6.)Setia membayar iuran kepada gugus depan

Ya

(7.)Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari.

Gotong royong adalah suatu kegiatan yang di lakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer,mudah dan ringan.Sikap
Gotong royong itu seharusnya di miliki oleh seluruh elemen atau lapisan masyarakat yang ada di Indonesia.karena,dengan adanya kesadaran setiaap element atau lapisan masyarakat melakukan setiap kegiatan dengan gotong royong.Dengan demikian segala sesuatu yang akan dikerjakan dapat lebih mudah dengan cepat diselesaikan dan pastinya pembanguna di daerah tersebut akan semakin lancer dan maju.Bukan itu saja,tetapi dengan adanya kesadaran setiap element atau lapisan masyarakat dalam menerpakan perilaku gotong royong maka hubungan persaudaraan atau silaturahmi akan semakin erat.

(8.)Membantu menggelola kegiatan Ambalan.

Tiidak

(9.) Kegiatan Sehari-Hari

NO
HARI/TANGGAL
WAKTU
URAIAN KEGIATAN
CAPAIAN KEGIATAN
KET
50%
75%
100%
1.
Sabtu 22/05/2015
4:45
Bangun tidur


-

5:00
Sholat Subuh

 -


5:30
sarapan pagi


 -

6:00
Mandi


-

6:50
Berangkat ke sekolah

-

13:55
Pulang sekolah

-

14:00
Makan siang


-

14:15
Tidur siang

 -


15:30
Bangun tidur


-

15:35
Bermain Laptop


-

17:15
Mandi


-

17:30
Nonton TV

-

18:15
Sholat Magrib

 -

18:20
Nonton TV

-

19:55
Sholat Isyah

-

20:15
Belajar

 -

21:30
Bermain Laptop

-

23:20
Tidur

-

NO
HARI/TANGGAL
WAKTU


 (10.) Kesenian Daerah

Lagu Daerah Dompu
NGAHI RAWI PAHU
TIOPU LAONA NGGAHI RAWI PAHU
KAUNA NGAHA AINA NGOHO
DORO RA WU’BA FU’U BA OI
DOMPO RA FATI
NAWAURA MANGO
WAURA KOLAAAA
NGOHO BA DOU
MAJU NDERE KALAAAA
NA WAU…RA MBORA..RA
MBERE MA MAIIIII
TI WAU DI TAPA…
MA KALINO RASAAA
DANA… RA DE…MBIII


(11). AD dan ART Gerakan Pramuka

1) Gerakan pramuka dan petunjuk penyelengaraan merupakan landasan hokum harus dikuasai
2) AD dan ART berisi mukadimah dan hal yang bersangkutan tentan apa dan bagaimana pramuka itu
3) AD dan ART disahkan oleh musyawarah nasional (MUNAS)sebagai pemegang leluasaan tertingi dalam gerakan pramuka
4) AD sebagai hasil mussyawarah nasional(MUNAS) pramuka di tetapkan dengan keputusan RI san Presiden
5) AD dan ART dapat di ubah dalam musyawarah nasional (MUNAS) gerakan pramuka untuk di sesuaikan dengan situasi dan kondisi saat itu.

(12.) Sejarah kepramukaan Indonesia dan Dunia

 SEJARAH KEPRAMUKAAN

1.  Sejarah KepramukaanDunia
Sejarah kepramukaan dunia diawali dengan sebuah gerakan yang dipelopori oleh seseorang yang bernama Robert Stephenson Smyth.Beliau lahir tanggal 22 Februari1857, anak dariBaden Powell seorang Professor Geometry di Universitas Oxford. Namun Baden Powell meninggal ketika Stephenson masih kecil.Robert Stephenson Smythkemudian lebih dikenal dengan namaBaden Powell.

Beberapa pengalaman Baden Powell dalam hidupnya memberikan pengaruh pada kegiatan kepramukaan yang dirintisnya.Di antara beberapa pengalaman tersebut adalah pendidikan kasih sayang dari ibunya, pendidikan ketrampilan berlayar, berenang, dan lain-lain dari kakaknya, dan pengalaman pengembaraannya.Pengalaman tersebut ditulis dalam buku “Aids To Scouting”.
Baden Powell juga pernah diminta oleh William Smyth (seorang pimpinan Boys Brigade di Inggris) agar melatih anggotanya sesuai dengan pengalaman beliau itu.Kemudian dipanggil 21 pemuda dari Boys Brigade dari berbagai wilayah di Inggris, kemudian mereka diajak berkemah dan berlatih di pulau Browns Sea pada tanggal 25 Juli 1907 selama 8 hari.

Awal tahun 1908 Baden Powell kembali menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya.Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting for Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain.Kemudian berdiri organisasi kepramukaan untuk laki-laki dengan namaBoys Scout.

Tahun 1912 atas bantuan adik perempuan Baden Powell, Agnes, didirikan organisasi kepramukaan untuk perempuan dengan namaGirl Guides yang kemudian diteruskan oleh istri Baden Powell.

Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usiaSiaga dengan namaCub (anak Serigala) dengan buku “The Jungle Book” karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman kegiatannya. Buku ini bercerita tentang MowgliSi Anak Rimbayang dipelihara oleh induk serigala di dalam hutan.

Tahun 1918 Baden Powell membentuk Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun. Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia.

Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London.Beliau mengundang gerakan pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).
Tahun 1914 Baden Powell menulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka dan baru dapat terlaksana tahun 1919.Baden Powell mendapat sebidang tanah dari sahabatnya yang bernama W.F. de Bois Maclarren, di Chingford yang kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka dengan namaGilwell Park.

Tahun 1910 Baden Powell pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal.

Pada tahun 1912 menikah dengan Ovale St. Clair Soames dan dianugerahi 3 orang anak.Beliau mendapat gelar“Lord” dari Raja George pada tahun 1929.Baden Powell meninggal tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.

2     Sejarah Kepramuka Indonesia

Gerakan Pramuka di Indonesia merupakan bagian dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.Gerakan Pramuka di Indonesia diawali dengan didirikannya gerakan Kepanduan penjajah Belanda di Indonesia yang bernama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda).

Pada saat yang sama, para pejuang kemerdekaan Indonesia ikut mendirikan gerakan kepanduan yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik dan menjadi kader pergerakan Nasional. Kemudian muncul bermacam-macam organisasi Kepanduan,antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie), JJP (Jong Java Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvinders), HW (Hisbul Wathon) dan lain-lain.

Pada akhirnya Belanda mencurigai gerakan-gerakan Kepanduantersebut, sehingga Belanda melarang gerakan Kepanduan yang menggunakan istilah Padvinders.Dengan adanya larangan tersebut, K.H. Agus Salim menggunakan namaPandu atau Kepanduan untuk mengganti nama Padvinders. Setelah itu, organisasi Kepanduan Indonesia yang menggunakan istilah Padvindersmerubahnya menjadi Pandu atau Kepanduan, seperti  KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia), BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia), dan lain-lain.

Nama Pandu masih digunakan hingga masa kemedekaan.Karena banyaknya gerakan Kepanduan di Indonesia, presiden Sukarno menyatukan Gerakan Kepanduan tersebut dalam satu wadah, yaitu Gerakan Pramuka. Keputusan ini ditetapkan melalui Kepres No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka yang pada tanggal 20 Mei 1961 ditandatangani oleh Pjs. Presiden RI Ir. Juanda, karena Presiden Soekarno sedang berkunjung ke Jepang.

Di dalam Keppres ini Gerakan Pramuka oleh pemerintah ditetapkan sebagai satu-satunya badan di wilayah Indonesia yang diperkenankan menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan, sehingga organisasi lain yang menyerupai dan sama sifatnya dengan Gerakan Pramuka dilarang keberadaannya.

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa Bapak Pramuka Dunia adalah Baden Powell, orang yang menjadi perintis gerakan pramuka sedunia. Sedangkan Bapak Pramuka Indonesia adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX (lahir di Sompilan Ngasem, Yogyakarta, 12 April 1912, dan wafat di  Washington DC, Amerika Serikat, 1 Oktober 1988 ).

Beliau adalah seorang Raja Kasultanan Yogyakarta dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau juga Wakil Presiden Republik Indonesia yang kedua antara tahun 1973 s.d 1978.Beliau juga dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia, dan pernah menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (1961 s.d. 1974).

(13). Dapat menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan.

a. Cara Mempergunakan Kompas :
      1. Letakkan Kompas di atas permukaan yang datar, setelah jarum Kompas tidak bergerak maka jarum tersebut dan menunjukkan ARAH UTARA MAGNET
      2. Bidik sasaran melalui Visir, melalui celah pada, kaca pembesar, setelah itu miringkan kaca pembesar kira - kira bersudut 50o dengan kaca dial.

       Kaca pembesar tersebut berfungsi sebagai :
      a. Membidik ke arah Visir, membidik sasaran.
      b. Mengintai derajat Kompas pada Dial.
      3. Apabila Visir diragukan karena kurang jelas terlihat dari kaca pembesar, luruskan garis yang terdapat pada tutup Dial ke arah Visir, searah dengan sasaran bidik agar mudah terlihat melalui kaca pembesar

      4. Apabila sasaran bidik 30o maka bidiklah ke arah 30o. Sebelum menuju sasaran, tetapkan terlebih dahulu Titik sasaran sepanjang jalur 30o. Carilah sebuah benda yang menonjol / tinggi diantara benda lain disekitarnya, sebab route ke 30o tidak selalu datar atau kering, kadang-kadang berbencah-bencah. Ditempat itu kita Melambung ( keluar dari route ) dengan tidak kehilangan jalur menuju 30o.

      5. Sebelum bergerak ke arah sasaran bidik, perlu ditetapkan terlebih dahulu Sasaran Balik ( Back Azimuth atau Back Reading ) agar kita dapat kembali kepangkalan apabila tersesat dalam perjalanan.

(14.) Pengamlan pancasila dalam kehidupan sehari-hari

-          Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
-          Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia

(15.) Organisasi ASEAN dan PBB

-          Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya.Negara-negara anggota ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November.

-          Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa disingkat PBB (bahasa Inggris: United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, keamanan internasional, pengembangan ekonomi, perlindungan sosial, hak asasi dan pencapaian perdamaian dunia.

Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Francisco pada 24 Oktober1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama – dihadiri wakil dari 51 negara – baru berlangsung pada 10 Januari1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB.

Organisasi-organisasi yang berada di bawah naungan PBB
1). ILO (International Labour Organization)
Lambang ILO
ILO adalah organisasi dunia di bawah naungan PBB yang menangani masalah buruh dunia.ILO dibentuk pada tanggal 1 April 1919 dan berkedudukan di Jenewa, Swiss.
Tujuan didirikannyaa ILO adalah untuk mencapai perdamaian abadi dan keadilan sosial dengan mengutamakan perbaikan nasib buruh dan keluarganya.

2). FAO (Food and Agricultural Organization)

Lambang FAO
FAO adalah organisasi dunia yang menangani masalah makanan dan pertanian (pangan).FAO berdiri pada tanggal 16 Oktober 1945 dan berkedudukan di Roma, Italia.Tujuan didirikannya FAO adalah memberikan bantuan pangan kepada negara yang terkena musibah (kelaparan) serta meningkatkan jumlah dan mutu bahan makanan. Indonesia pernah menerima penghargaan dari FAO pada tahun 1986 karena Indonesia bisa mencapai swasembada pangan

3). WHO (World Health Organization)
Lambang WHO

WHO adalah organisasi kesehatan dunia.WHO didirikan tanggal 7 April 1948 dan berkedudukan di Jenewa, Swiss.Tujuannya adalah memperbaiki dan meningkatkan kesehatan manusia sedunia.

Usaha-usaha yang dilakukan WHO adalah sebagai berikut :
a.Membantu pemberantasan penyakit menular di seluruh dunia.
b.Memberikan bantuan obat-obatan bagi negara yang terkena musibah (wabah penyakit).
c.Membantu peningkatan kesejahteraan ibu dan anak, serta membantu penelitian di bidang kesehatan.
Bantuan WHO untuk Indonesia misalnya dalam masalah Keluarga Berencana (KB).Pada tahun 1992, Indonesia mendapat penghargaan dari WHO karena Indonesia mampu meningkatkan kesehatan khususnya ibu dan anak.



4). UNESCO (United Nation Education Scientific and Cultural Organization)
Lambang UNESCO

UNESCO adalah organisasi dunia yang menangani masalah pedidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.UNESCO didirikan pada tanggal 14 November 1946 dan berkedudukan di Paris, Perancis.Tujuan didirikannya UNESCO adalah memberantas buta huruf dan mempertinggi kebudayaan serta memberikan bantuan di bidang pendidikan dan kebudayaan negara yang membutuhkan.

Bantuan UNESCO untuk Indonesia, misalnya :
a.Bantuan untuk pemugaran Candi Borobudur.
b.Bantuan kepada mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di luar negeri.
c.Bantuan alat-alat laboratorium untuk perguruan tinggi nageri di Indonesia.
d.Bantuan tenaga ahli (dosen) untuk perguruan tinggi di Indonesia.
Pada tahun 1995, Indonesia menerima penghargaan dari UNESCO karena Indonesia dianggap dapat menyebarluaskan pendidikan di seluruh pelosok wilayah Indonesia secara merata.

5). UNICEF (United Nation International Children Emergency Fund)
Lambang UNICEF
UNICEF adalah organisasi dunia yang menangani kesehatan dan gizi anak atau sering disebut dana kesejahteraan anak. UNICEF didirikan pada tahun 1946 dan berkedudukan di New York, Amerika Serikat. Bantuan UNICEF untuk Indonesia misalnya untuk pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yaitu dengan memberikan bantuan dalam obat-obatan dan makanan bergiz

6). IBRD (International Bank for Reconstruction and Development)
Lambang IBRD
IBRD adalah bank internasional untuk pembangunan dan pengembangan.IBRD sering disebut dengan Bank Dunia (World Bank).IBRD didirikan pada tanggal 27 Desember 1945 dan berkedudukan di Washington, Amerika Serikat.Tujuannya adalah memberikan bantuan kepada negara-negara yang mengalami kerusakan akibat Perang Dunia II dan memberikan bantuan kepada negara yang membangun (kredit jangka panjang).
IBRD hanya memberikan kredit kepada pihak pemerintah negara anggota dan kredit ini diberikan hanya untuk proyek-proyek besar.


7). IMF (International Monetary Fund)
Lambang IMF
IMF adalah dana moneter internasional, yang didirikan pada tanggal 27 September 1945 dan berkedudukan di Washington, Amerika Serikat. Adapun tujuannya adalah untuk memajukan kerja sama internasional di bidang keuangan dan perdagangan.

Usaha-usaha yang dilakukan IMF adalah sebagai berikut :
a.Membantu negara-negara yang neraca pembayarannya tidak seimbang dan defisit dengan menyediakan dana pinjaman.
b.Memberi bantuan untuk memperluas perdagangan internasional.
c.Memberi bantuan dalam mengadakan sistem pembayaran bagi negara-negara anggota.
d.Memberi saran atau nasihat tentang kerja sama keuangan internasional.

8). UNCTAD (United Nations  Conference on Trade and Development)
Lambang UNCTAD

UNCTAD adalah organisasi bangsa-bangsa tentang perdagangan dan pembangunan.Didirikan pada tahun 1964 dan berkedudukan di Jenewa, Swiss.
Tujuan didirikannya UNCTAD adalah sebagai berikut :
a.Mengusahakan kemajuan dan memperlancar perdagangan internasional terutama perdagangan ekspor negara-negara yang sedang berkembang.
b.Mengusahakan harga yang pantas dan stabil bagi barang-barang ekspor.
c.Mencari pasaran yang luas di dunia internasional.

9). UNDP (United Nations Development Program)
Lambang UNDP

UNDP adalah organisasi program pembangunan bangsa-bangsa.UNDP merupakan badan dalam PBB yang mengurusi program pembangunan dengan tujuan untuk memperlancar pelaksanaan pembangunan di seluruh dunia.Bantuan UNDP untuk Indonesia, misalnya di bidang pertanian dan pembuatan jalan.Penyumbang terbesar UNDP adalah Ameriika Serikat, Kanada, Denmark, Belanda, dan Perancis.

10). GATT (General Agreement Tariff and Trade)
Lambang GATT
GATT adalah perjanjian umum tentang tarif dan perdagangan yang dibentuk pada tahun 1947 berdasarkan perjanjian Genewa. Tujuan didirikannya GATT adalah mengurangi berbagai rintangan dalam perdagangan internasional, misalnya menyederhanakan prosedur ekspor, penurunan tarif atau bea masuk, dan mengurangi proteksi atau perlindungan dalam perdagangan.

(16.) Kewirausahaan

pengertian kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah perilaku dinamis yang berani mengambil risiko serta kreatif dan berkembang. Sedangkan, pengertian wirausaha (entrepreneur) adalah seseorang yang tangguh melakukan sesuatu.

(17.)Dapat mendaur ulang barang tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat.

Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R (Reuse, Reduce, and Recycle).

Material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, dan barang elektronik. Meskipun mirip, proses pembuatan kompos yang umumnya menggunakan sampah biomassa yang bisa didegradasi oleh alam, tidak dikategorikan sebagai proses daur ulang. Daur ulang lebih difokuskan kepada sampah yang tidak bisa didegradasi oleh alam secara alami demi pengurangan kerusakan lahan. Secara garis besar, daur ulang adalah proses pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemrosesan material baru untuk proses produksi.

 (18.) Tali--temali dan pionering

Pioneering
Mungkin saat ini kalo kita mendengar kata pioneering, mungkin akan terlintas membuat menara dengan 12 tongkat atau membuat dragbar dengan 2 tongkat. Tapi pionnering tidak harus demikian.
Pioneering adalah salah satu ketrampilan yang mestinya harus dimiliki oleh teman Pramuka.Pioneering merupakan ketrampilan menggunakan barang-barang yang ada di alam untuk dijadikan suatu benda atau alat yang dapat membantu kita.
Awalya ketrampilan ini diperuntukkan bagi seorang prajurit terdepan.Prajurit terdepan ini biasa dinamakan team perintis.Tugas nya adalah membuka jalan untuk pasukan yang ada dibelakangnya.Team ini membuka jalan, membangun jembatan, menyiapkan perkemahan, membuat camp sederhana, membuat tempat pendaratan helikopter dan sebagainya.
Untuk menjalankan tugasnya tersebut team ini harus dapat memanfaatkan barang-barang yang disekitar secara maksimal dengan menggunakan alat yang sederhana.Saat membuka jalan di hutan, yang ditemukan hanyalah kayu, bambu, rotan dan serat pohon. Barang-barang itulah yang akan digunakan. Berbekal ketrampilan yang dimiliki serat pohon bisa dijadikan tali sedangkan kayu, bambu dan rotan akan disusun, disambung dan dibentuk sedemikan rupa menjadi aneka rupa. Seperti Jembatan, kamar mandi, papan pengumuman, meja,  kursi, tempat menyimpan perkakas, tungku dan lain-lain.
Sebagai seorang anggota Pramuka, kita harus menguasai ketrampilan ini, paling tidak untuk bekal kita saat melakukan penjelajahan, karena tidak mungkin kita akan membawa semen, pasir untuk membangun jembatan, atau membawa bor, gergaji, paku atau alat pertukangan lain untuk membangun perkemahan.

 Tali Temali
Dalam tali temali kita sering mencampuradukkan antara tali, simpul dan ikatan. Hal ini sebenarnya berbeda sama sekali. Tali adalah bendanya.Simpul adalah hubungan antara tali dengan tali.Ikatan adalah hubungan antara tali dengan benda lainnya, misal kayu, balok, bambu dan sebagainya.

 Macam simpul dan kegunaannya
1.         Simpul ujung tali
2.         Simpul mati
3.         Simpul anyam
4.         Simpul anyam berganda
5.         Simpul erat
6.         Simpul kembar\
7.         Simpul kursi
8.         Simpul penarik
9.         Simpul laso


Macam Ikatan dan Kegunaannya

            1.         Ikatan pangkal
                        Gunanya untuk mengikatkan tali pada kayu atau tiang, akan tetapi ikatan pangkal ini dapat juga
digunakan untuk memulai suatu ikatan.

            2.         Ikatan tiang
                        Gunanya untuk mengikat sesuatu sehingga yang diikat masih dapat bergerak leluasa misalnya
untuk mengikat leher binatang supaya tidak tercekik.

            3.         Ikatan jangkar
                        Gunanya untuk mengikat jangkar atau benda lainnya yang berbentuk ring.

            4.         Ikatan tambat
                        Gunanya untuk menambatkan tali pada sesuatu tiang/kayu dengan erat, akan tetapi mudah untuk melepaskannya kembali. Ikatan tambat ini juga dipergunakan untuk menyeret balik dan bahkan ada juga dipergunakan untuk memulai suatu ikatan.

            5.         Ikatan tarik
                        Gunanya untuk menambatkan tali pengikat binatang pada  suatu tiang, kemudian mudah untuk
membukanya kembali. Dapat juga untuk turun ke jurang atau pohon.

            6.         Ikatan turki
                        Gunanya untuk mengikat sapu lidi setangan leher

            7.         Ikatan palang
            8.         Ikatan canggah
            9.         Ikatan silang
            10.       Ikatan khaki tiga

(19.) Selalu berolahraga, mampu melakukan olah raga renang gaya bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olah raga tim.

Ya,Sepak bola.


(20.) perkembangan fisik laki laki dan perempuan.

a. Laki laki:
-          Jakun mulai tumbuh
-          Dada tampak lebih berbidang
-          Tumbuh rambut di daerah ketiak dan kemaluan
-          Suara menjadi lebih berat dan besar
-          Mulai mengalami mimpi basah
-          Pembuangan minyak lambat, mulai tumbuh jerawat
-          Hormon seks makin matang menghasilkan organ seks laki-laki
-          Bahunya melebar dan otot-otot beris

b. Perempuan
- Payudara mulai tumbuh besar
- Pinggul mulai melebar
- Tumbuh rambut di daerah ketiak dan kemaluan
- Datangnya haid atau menstruasi setiap bulan
- Bentuk tubuh membulat
- Pertumbuhan tinggi badan berhenti
- Usia 13 tahun rata-rata gadis mengalami haid pertama

(21.) Baris-berbaris dan menjelaskan peraturannya kepada anggota sangganya

Peraturan Baris Berbaris yang digunakan di lingkungan Pramuka ada dua macam yakni Baris berbaris menggunakan tongkat dan tanpa tongkat. Untuk baris berbaris menggunakan tongkat memiliki tata cara tersendiri di lingkungan Pramuka. Adapun baris berbaris tanpa menggunakan tongkat mengikuti tata cara yang telah diatur dalam Peraturan Baris Berbaris milik TNI/POLRI.

(22.) Penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat.

a. Contoh-contoh penyakit infeksi :
-Penyebab penyakit adalah bakteri (jasad renik dan kuman)
-TBC : ditularkan memalui udara
-Tetanus : melalui luka yang kotor
-Mencret : lalat, air dan jari yang kotor
-Pneumonia : lewat batuk (udara)

b. Contoh penyakiy Degeneratif
Diabetes melitus, stroke, jantung koroner, kardiovaskular, obesitas, dislipidemia, hipertensi, penyakit jantung, asam urat  dan sebagainya.

c. Penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat
-Stres berlebihan: menurunkan daya tahan tubuh seseorang dan memacu resiko penyakit jantung.
-Minum Alkohol: serangan jantung, kangker hati, kanker tenggorokan, dan kanker payudara.

(23.) Ikut serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut-turut.

Semoga di beri kelancaran saat menempuh SKU
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Label