Jangan lupa bagikan jika bermanfaat

Rabu, 06 Maret 2024

DOWNLOAD MODUL AJAR/RPP+ KELAS 4 KURIKULUM MERDEKA

 Modul Ajar adalah salah satu jenis perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka yang dirancang secara lengkap dan sistematis sebagai panduan dan pedoman guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perangkat ajar ini merupakan bentuk penerapan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran (CP) dan dilengkapi dengan langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen, hingga sarana yang dibutuhkan agar dapat menjalani pembelajaran yang lebih terorganisir. 

Mengingat pentingnya peranan Modul Ajar ini, maka harus disusun secara lengkap dan sistematis. Lengkap artinya sebuah modul ajar harus memuat semua komponen yang telah ditentukan, sedangkan sistematis berarti modul ajar harus disusun secara urut mulai dari pembukaan, isi materi, dan penutup sehingga memudahkan siswa belajar sekaligus memudahkan guru dalam menyampaikan materi. 

Modul Ajar yang tidak lengkap dan tidak sistematis akan menyebabkan guru kesulitan dalam meningkatkan efektivitas mengajar. Dampak ini juga dapat diterima siswa karena materi yang disampaikan guru tidak sistematis sehingga siswa pun kebingungan dalam memahami materi. 

Selain itu, Modul Ajar juga disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan siswa, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. 

Komponen Modul Ajar

Pada saat menyusun Modul Ajar, guru harus memperhatikan komponen-komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya. Setiap komponen dalam Modul Ajar dibutuhkan untuk kelengkapan persiapan pembelajaran. 

Selain itu, dalam penyusunan komponen Modul Ajar ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan guru dan mata pelajaran. 

Secara umum, modul ajar terdiri dari komponen sebagai berikut:

1. Informasi Umum

Dalam bagian informasi umum terdapat komponen:

  • Judul Modul Ajar
  • Pemilihan satuan dan jenjang pendidikan
  • Pemilihan Fase dan kelas
  • Pemilihan mata pelajaran
  • Deskripsi umum modul ajar
  • Identitas penulis modul

2. Capaian dan Tujuan Pembelajaran

Adapun komponen yang terdapat pada bagian capaian dan tujuan pembelajaran adalah:

  • Capaian Pembelajaran
  • Tujuan Pembelajaran dari keseluruhan Modul Ajar
  • Alur Tujuan Pembelajaran
  • Dimensi Profil Pelajar Pancasila

3. Detail Rancangan Penggunaan

Bagian detail rancangan penggunaan dalam Modul Ajar terdiri dari komponen:

  • Total alokasi Jam Pembelajaran (JP) dan jumlah pertemuan
  • Penentuan model belajar (daring, luring, campuran) Sarana Prasarana
  • Prasyarat Kompetensi

4. Detail Pertemuan

Pada bagian detail pertemuan, ada tiga komponen penting yang harus dimuat di dalamnya, yaitu:

Alokasi Jam Pembelajaran (JP) per pertemuan

Rincian Kegiatan Pembelajaran, yang disarankan terdiri dari:

  • Tujuan Pembelajaran, 
  • Indikator Keberhasilan, 
  • Pertanyaan Pemantik, 
  • Daftar perlengkapan ajar, 
  • Daftar lampiran materi pendukung, Langkah pembelajaran, Rencana asesmen, 
  • Rencana diferensiasi, 

Lampiran  atau Materi Pendukung dapat terdiri dari:

  • Referensi materi / media pembelajaran
  • Lembar kerja / Latihan / Asesmen
  • Instrumen Refleksi.

Kriteria Modul Ajar

Selain komponen, guru juga perlu memperhatikan kriteria yang harus dimiliki oleh sebuah Modul Ajar, yaitu:

1. Esensial

Modul ajar bersifat esensial artinya pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran bisa  diambil dari pengalaman belajar dan lintas disiplin.

2. Menarik, Bermakna, dan Menantang

Artinya, Modul Ajar dapat menumbuhkan minat belajar siswa serta melibatkan mereka secara aktif dalam proses belajar.  

Selain itu, Modul Ajar juga harus berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, tetapi juga tidak terlalu mudah untuk tahapan usia siswa sehingga siswa dapat mencapai Capaian Pembelajaran dengan baik. 

3. Relevan dan Kontekstual

Kriteria Modul Ajar berikutnya adalah relevan dan kontekstual. Ini artinya, Modul Ajar dapat terhubung dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh siswa sebelumnya, serta sesuai dengan konteks di waktu dan tempat siswa berada.

4. Berkesinambungan

Berkesinambungan berarti adanya hubungan atau keterkaitan alur kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan fase belajar siswa.

5. Penyajian

Dalam penulisan modul ajar, guru sebaiknya menggunakan bahasa dan visual yang sederhana, mudah dipahami, dan disajikan secara menarik. 

6. Kelengkapan

Kelengkapan berarti Modul Ajar memuat seluruh komponen yang dibutuhkan, mulai dari informasi umum, capaian dan tujuan pembelajaran, detail rancangan penggunaan, hingga detail pertemuan. 

Prinsip Dasar Penyusunan Modul Ajar

Sebelum membahas cara menyusun Modul Ajar, ada beberapa prinsip dasar penyusunan Modul Ajar yang perlu Bapak/Ibu guru perhatikan. Berikut prinsip-prinsip dasarnya yang dilansir dari laman PPG SIMPKB. 

  • Karakteristik, kompetensi dan minat peserta didik di setiap fase. 
  • Perbedaan tingkat pemahaman, dan variasi jarak (gap) antar tingkat kompetensi yang bisa terjadi di setiap fase. 
  • Melihat dari sudut pandang pelajar, bahwa setiap peserta didik itu unik.
  • Bahwa belajar harus berimbang antara intelektual, sosial, dan personal dan semua hal tersebut adalah penting dan saling berhubungan.
  • Tingkat kematangan setiap peserta didik tergantung dari tahap perkembangan yang dilalui oleh seorang peserta didik dan merupakan dampak dari pengalaman sebelumnya.

Cara Menyusun Modul Ajar

Setelah memahami setiap komponen, kriteria, dan prinsip penyusunan Modul Ajar, sekarang Bapak/Ibu guru sudah bisa menyusun modul Ajar. Berikut langkah-langkah penyusunannya. 

  • Menganalisis kondisi dan kebutuhan guru dan siswa berdasarkan latar belakang, serta sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah, sekaligus kemampuan dan kreativitas yang dimiliki oleh guru.
  • Mengidentifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Pada langkah ini, guru dapat memilih beberapa dimensi Profil Pelajar Pancasila yang paling memungkinkan untuk dikembangkan dalam pembelajaran. Misalnya, untuk materi Pancasila pada mapel PPKn, dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dipilih adalah berkebinekaan global dan bernalar kritis.
  • Menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang akan dikembangkan menjadi Modul Ajar.
  • Menyusun Modul Ajar berdasarkan komponen yang tersedia. Pada langkah ini, guru juga bisa menambahkan komponen lain yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. 
  • Setelah Modul Ajar selesai disusun, guru dapat langsung menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran. 
  • Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, guru dapat melakukan evaluasi mengenai efektivitas Modul Ajar dalam kegiatan pembelajaran sekaligus menentukan tindak lanjut untuk pembelajaran selanjutnya.

Silahkan unduh Modul Ajar / RPP+ KELAS 4 Pada link di bawah ini, lalu sesuaikan dengan Kearifan lokal masing-masing : 

SEMESTER 1

  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 (DOWNLOAD)  
  • Modul Ajar IPAS Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar PPKn Kelas 4 (DOWNLOAD)  
  • Modul Ajar Matematika Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar PAIBP Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar PJOK Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar Seni Musik Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar Seni Rupa Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar Seni Tari Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar Seni Teater Kelas 4 (DOWNLOAD)

SEMESTER 2
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 (DOWNLOAD)  
  • Modul Ajar IPAS Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar PPKn Kelas 4 (DOWNLOAD)  
  • Modul Ajar Matematika Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar PAIBP Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar PJOK Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 4 (DOWNLOAD
  • Modul Ajar Seni Musik Kelas 4 (PROSES) 
  • Modul Ajar Seni Rupa Kelas 4 (PROSES) 
  • Modul Ajar Seni Tari Kelas 4 (PROSES) 
  • Modul Ajar Seni Teater Kelas 4 (PROSES)


DOWNLOAD JUGA PERANGKAT PEMBELAJARAN KELAS LAINNYA

Silahkan unduh Perangkat Pembelajaran Pada link di atas, lalu sesuaikan dengan Kearifan lokal masing-masing. 
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Label