Melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam (RPPM), guru dapat menghadirkan proses belajar yang relevan, bermakna, dan transformatif. Tujuannya bukan hanya menyelesaikan kurikulum, tapi menyiapkan murid jadi pembelajar sepanjang hayat.
PM memungkinkan guru merancang pembelajaran yang :
- Mendorong eksplorasi isu nyata dan aktual,
- Menyediakan ruang diskusi dan pemecahan masalah,
- Membentuk kebiasaan belajar yang mandiri dan sadar tujuan.
- RPPM Kelas 6 SD bertujuan untuk:
- Meningkatkan kapasitas berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan komunikasi efektif,
- Menyiapkan murid menjadi pribadi yang adaptif dan reflektif,
Mencapai secara maksimal 8 Dimensi Profil Lulusan.
8 Dimensi Profil Lulusan
RPP PM mengintegrasikan delapan dimensi profil lulusan ke dalam setiap kegiatan belajar:
- Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
- Kewargaan
- Penalaran Kritis
- Kreativitas
- Kolaborasi
- Kemandirian
- Kesehatan
- Komunikasi
Ciri-Ciri RPP PM Kelas 6 SD
1. Responsif Terhadap Tantangan Transisi
Guru menyusun kegiatan yang mengasah self-regulated learning—belajar yang dipandu oleh tujuan pribadi murid, dilengkapi dengan kemampuan mengevaluasi diri
2. Prinsip Inti PM:
Berkesadaran: Murid belajar dengan refleksi dan pemahaman atas prosesnya,
Bermakna: Materi dikaitkan dengan isu global dan lokal, seperti lingkungan, kesehatan, atau toleransi,
Menggembirakan: Pembelajaran tetap menyenangkan, namun dengan tantangan yang sesuai usia
3. Tahapan Pengalaman Belajar:
Memahami: Anak mempelajari konsep secara aktif melalui riset, membaca kritis, dan tanya jawab.
Mengaplikasi: Anak mengembangkan proyek atau produk nyata (misal: kampanye digital, debat, infografis, wawancara).
Merefleksi: Anak mengevaluasi proses belajarnya melalui jurnal refleksi, portofolio, atau presentasi lisan
4. Asesmen sebagai Instrumen Pertumbuhan
RPPM mendorong asesmen autentik berbasis proses, seperti:
- - Penilaian diri dan antar teman,
- - Karya proyek dan laporan kegiatan,
- - Umpan balik kualitatif dari guru,
- - Evaluasi keberlanjutan kebiasaan belajaR








0 Comments:
Posting Komentar