Jangan lupa bagikan jika bermanfaat

Jumat, 22 Agustus 2025

Download Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam (RPPM) KELAS 3

RPP Pembelajaran Mendalam SD Kelas 3 : Bangun Kemandirian dan Nalar Kritis Sejak Dini - Kelas 3 SD menjadi tahap di mana peserta didik mulai menunjukkan kemampuan berpikir yang lebih logis, rasa tanggung jawab terhadap tugas, serta mulai terbiasa dengan proses belajar yang lebih terstruktur. Guru memegang peran penting dalam menciptakan ruang belajar yang tidak hanya menyampaikan konten, tetapi membentuk sikap dan keterampilan berpikir mendalam.

Pendekatan Pembelajaran Mendalam (PM) dirancang untuk menjawab kebutuhan tersebut. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam (RPPM) menjadi panduan bagi guru untuk menyusun proses belajar yang terarah, menggembirakan, dan menyentuh sisi kognitif, afektif, dan sosial peserta didik.

Kelas 3 adalah masa transisi dari belajar konkret ke tahap berpikir yang lebih abstrak. Anak mulai:

  • Menyusun argumen sederhana,
  • Mengembangkan kebiasaan reflektif,
  • Memahami peran mereka dalam kelompok dan masyarakat.

Dengan Pembelajaran Mendalam, murid dibimbing untuk:

  • Berpikir kritis dan kreatif,
  • Berkolaborasi dengan sesama,
  • Menerapkan pengetahuan dalam kehidupan nyata.

Tujuan RPP PM Kelas 3 SD
RPPM disusun untuk:

  • Menghadirkan pembelajaran yang terstruktur, menyenangkan, dan inklusif,
  • Mendorong siswa aktif, mandiri, dan penuh inisiatif,
  • Memfasilitasi tercapainya 8 Dimensi Profil Lulusan secara progresif dan kontekstual.

RPP PM di kelas 3 SD diarahkan untuk mengembangkan kompetensi melalui delapan dimensi sebagai berikut:

  • Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
  • Kewargaan
  • Penalaran Kritis
  • Kreativitas
  • Kolaborasi
  • Kemandirian
  • Kesehatan
  • Komunikasi
Link Donwload RPPM KELAS 3 :

RPPM IPAS  (DOWNLOAD
RPPM B. INDONESIA  (DOWNLOAD
RPPM PEND. PANCASILA  (DOWNLOAD
RPPM SENI RUPA  (DOWNLOAD
RPPM MATEMATIKA  (DOWNLOAD

Download juga :

Ciri-Ciri RPP PM Kelas 3 SD

1. Pendekatan Terpadu Berbasis Murid

Guru merancang pembelajaran yang memperhitungkan kesiapan, minat, dan kecepatan belajar murid. Kegiatan disesuaikan dengan konteks sosial dan emosional anak.

2. Prinsip 3B:

Berkesadaran: Anak belajar memahami proses berpikirnya sendiri (metakognisi),

Bermakna: Materi dikaitkan dengan peran anak di rumah, sekolah, dan lingkungan,

Menggembirakan: Proses belajar dirancang menyenangkan, tidak membebani, tetapi tetap menantang dan menstimulasi

3. Pengalaman Belajar dalam Tiga Tahap

Memahami: Anak mengeksplorasi konsep secara individu atau kelompok.

Mengaplikasi: Anak mencoba menerapkan konsep melalui proyek sederhana, diskusi, drama, atau kegiatan praktik.

Merefleksi: Anak menyampaikan pemahamannya dengan cara yang sesuai, misalnya membuat jurnal gambar, presentasi, atau diskusi kelompok

4. Asesmen Berorientasi Proses

RPPM mengintegrasikan asesmen formatif dan sumatif, termasuk:

Observasi selama kegiatan,

Penilaian proyek dan portofolio,

Refleksi mandiri dan antar teman,

Umpan balik lisan atau tertulis yang membangun


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Label

POPCASH