Jangan lupa bagikan jika bermanfaat

Jumat, 22 Agustus 2025

Download Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam (RPPM) KELAS 5

Melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam (RPPM), guru dapat menghadirkan proses belajar yang relevan, bermakna, dan transformatif. Tujuannya bukan hanya menyelesaikan kurikulum, tapi menyiapkan murid jadi pembelajar sepanjang hayat.

PM memungkinkan guru merancang pembelajaran yang :

  • Mendorong eksplorasi isu nyata dan aktual,
  • Menyediakan ruang diskusi dan pemecahan masalah,
  • Membentuk kebiasaan belajar yang mandiri dan sadar tujuan.
Kebutuhan Belajar di Kelas 5
Di kelas 5, murid:

Semakin mampu berpikir kritis dan mempertimbangkan sudut pandang lain,

Mulai peduli terhadap isu lingkungan, sosial, dan moral,

Menyukai tantangan, eksplorasi data, dan tugas berbasis proyek.

Maka, pembelajaran harus:

  • Mendorong berpikir tingkat tinggi,
  • Menyediakan ruang kolaborasi dan diskusi,
  • Terhubung dengan masalah nyata di sekitar mereka.

Tujuan RPP PM Kelas 5 SD
RPP Pembelajaran Mendalam untuk kelas 5 SD bertujuan:

  • Menumbuhkan keterampilan abad 21 seperti critical thinking, problem solving, dan empati sosial,
  • Menyelaraskan proses belajar dengan potensi dan keunikan murid,
  • Memfasilitasi tercapainya 8 Dimensi Profil Lulusan secara utuh dan eksplisit dalam kegiatan belajar.
Mencapai secara maksimal 8 Dimensi Profil Lulusan.

8 Dimensi Profil Lulusan

RPP PM mengintegrasikan delapan dimensi profil lulusan ke dalam setiap kegiatan belajar:

  • Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
  • Kewargaan
  • Penalaran Kritis
  • Kreativitas
  • Kolaborasi
  • Kemandirian
  • Kesehatan
  • Komunikasi

Link Donwload RPPM KELAS 5 :

RPPM IPAS  (DOWNLOAD
RPPM B. INDONESIA  (DOWNLOAD
RPPM PEND. PANCASILA  (DOWNLOAD
RPPM SENI RUPA  (DOWNLOAD
RPPM MATEMATIKA  (DOWNLOAD
RPPM PJOK (DOWNLOAD

Download juga :

Ciri-Ciri RPP PM Kelas 5 SD

1. Diferensiasi Berdasarkan Potensi dan Minat


Guru mendesain kegiatan belajar berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan belajar murid yang mencakup gaya belajar, minat, dan tingkat penguasaan konsep

2. Penerapan Prinsip Inti PM:


Berkesadaran: Murid memahami tujuan belajar dan prosesnya secara sadar.

Bermakna: Pembelajaran dikaitkan dengan tema besar yang kontekstual (contoh: krisis air bersih, toleransi, keberlanjutan lingkungan).

Menggembirakan: Pembelajaran mengundang partisipasi aktif, menggunakan pendekatan proyek, debat, simulasi, atau eksperimen sederhana

3. Tahapan Belajar Mendalam:

  • - Memahami
  • - Mengaplikasi
  • - Merefleksi

Memahami: Murid mengeksplorasi isu melalui bacaan, video, diskusi, atau kunjungan lapangan.

Mengaplikasi: Murid bekerja dalam kelompok menyusun solusi, membuat kampanye, atau menulis artikel.

Merefleksi: Murid menyampaikan proses dan hasil belajarnya melalui presentasi, jurnal reflektif, atau forum kelas

4. Asesmen untuk Pertumbuhan dan Proses


Penilaian dilakukan secara menyeluruh melalui:

Penilaian proyek dan proses kerja kelompok
Refleksi diri dan umpan balik teman sebaya
Dokumentasi karya murid dan portofolio
Observasi guru terhadap sikap, kolaborasi, dan inisiatif murid


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Label

POPCASH