- Mendorong eksplorasi isu nyata dan aktual,
- Menyediakan ruang diskusi dan pemecahan masalah,
- Membentuk kebiasaan belajar yang mandiri dan sadar tujuan.
- Mendorong berpikir tingkat tinggi,
- Menyediakan ruang kolaborasi dan diskusi,
- Terhubung dengan masalah nyata di sekitar mereka.
- Menumbuhkan keterampilan abad 21 seperti critical thinking, problem solving, dan empati sosial,
- Menyelaraskan proses belajar dengan potensi dan keunikan murid,
- Memfasilitasi tercapainya 8 Dimensi Profil Lulusan secara utuh dan eksplisit dalam kegiatan belajar.
- Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
- Kewargaan
- Penalaran Kritis
- Kreativitas
- Kolaborasi
- Kemandirian
- Kesehatan
- Komunikasi
Ciri-Ciri RPP PM Kelas 5 SD
1. Diferensiasi Berdasarkan Potensi dan Minat
Guru mendesain kegiatan belajar berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan belajar murid yang mencakup gaya belajar, minat, dan tingkat penguasaan konsep
2. Penerapan Prinsip Inti PM:
Berkesadaran: Murid memahami tujuan belajar dan prosesnya secara sadar.
Bermakna: Pembelajaran dikaitkan dengan tema besar yang kontekstual (contoh: krisis air bersih, toleransi, keberlanjutan lingkungan).
Menggembirakan: Pembelajaran mengundang partisipasi aktif, menggunakan pendekatan proyek, debat, simulasi, atau eksperimen sederhana
3. Tahapan Belajar Mendalam:
- - Memahami
- - Mengaplikasi
- - Merefleksi
Memahami: Murid mengeksplorasi isu melalui bacaan, video, diskusi, atau kunjungan lapangan.
Mengaplikasi: Murid bekerja dalam kelompok menyusun solusi, membuat kampanye, atau menulis artikel.
Merefleksi: Murid menyampaikan proses dan hasil belajarnya melalui presentasi, jurnal reflektif, atau forum kelas
4. Asesmen untuk Pertumbuhan dan Proses
Penilaian dilakukan secara menyeluruh melalui:
Penilaian proyek dan proses kerja kelompok
Refleksi diri dan umpan balik teman sebaya
Dokumentasi karya murid dan portofolio
Observasi guru terhadap sikap, kolaborasi, dan inisiatif murid








0 Comments:
Posting Komentar