Jangan lupa bagikan jika bermanfaat

Jumat, 22 Agustus 2025

Download Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam (RPPM) KELAS 2

 RPP Pembelajaran Mendalam SD Kelas 2 : Ciptakan Kelas yang Reflektif dan Penuh Makna - Kelas 2 merupakan tahap penting dalam perjalanan belajar anak usia dini. Di usia ini, peserta didik mulai menunjukkan perkembangan daya pikir yang lebih sistematis, keterampilan berkomunikasi yang meningkat, serta rasa ingin tahu yang semakin besar. Agar proses belajar menjadi lebih hidup dan bermakna, dibutuhkan perencanaan yang tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga menyentuh sisi emosi, logika, dan pengalaman nyata anak.

Melalui Pendekatan Pembelajaran Mendalam (PM), guru dibekali panduan untuk merancang pembelajaran yang menggugah, menyenangkan, serta mengembangkan potensi anak secara utuh dan holistik.

Mengapa Perlu PM di Kelas 2?
Di kelas 2, anak mulai mampu membuat koneksi antara satu informasi dengan informasi lainnya. Mereka juga mulai terbiasa menanyakan “mengapa” dan “bagaimana”. Di sinilah pentingnya pembelajaran yang:

  • Mendorong eksplorasi aktif,
  • Membangun pemahaman bertahap dan mendalam,
  • Menguatkan karakter melalui pengalaman nyata yang bermakna.

Tujuan RPP PM Kelas 2 SD
RPP Pembelajaran Mendalam untuk kelas 2 SD dirancang untuk:

  • Menyelaraskan metode pembelajaran dengan karakteristik anak,
  • Memfasilitasi proses belajar yang berpusat pada murid,
  • Menargetkan ketercapaian 8 Dimensi Profil Lulusan secara menyeluruh.

8 Dimensi Profil Lulusan
Setiap kegiatan pembelajaran dirancang untuk mendukung penguatan kompetensi berikut:

  • Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Kewargaan
  • Penalaran Kritis
  • Kreativitas
  • Kolaborasi
  • Kemandirian
  • Kesehatan
  • Komunikasi
Link Donwload RPPM KELAS 2 :

RPPM PEND. PANCASILA  (DOWNLOAD
RPPM SENI RUPA  (DOWNLOAD
RPPM MATEMATIKA  (DOWNLOAD
RPPM BIG (DOWNLOAD) belum

Download juga :

Ciri-Ciri RPP PM Kelas 2 SD

1. Identifikasi Awal yang Komprehensif


Guru mengidentifikasi kesiapan belajar murid, mengenali gaya belajar, minat, dan tantangan mereka melalui observasi, pertanyaan pemantik, dan asesmen awal.

2. Prinsip Utama PM:


Berkesadaran: Murid tahu apa yang sedang dan mengapa mereka belajar.

Bermakna: Pembelajaran dikaitkan dengan aktivitas dan pengalaman sehari-hari.

Menggembirakan: Anak diajak bermain sambil belajar, bercerita, mencoba, dan mencipta.

3. Pengalaman Belajar: Memahami – Mengaplikasi – Merefleksi


Memahami: Anak mengenal konsep-konsep dasar secara bertahap.

Mengaplikasi: Anak menggunakan konsep dalam proyek nyata seperti membuat karya, bermain peran, atau menyelesaikan masalah sederhana.

Merefleksi: Anak menyampaikan kembali hasil belajarnya melalui cerita, gambar, atau percakapan ringan

4. Asesmen Autentik dan Berkelanjutan


Penilaian dilakukan secara menyeluruh, tidak hanya dari hasil akhir. Guru menggunakan refleksi murid, catatan observasi, portofolio karya, hingga asesmen diri dan antar teman sebagai bentuk umpan balik belajar.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Label

POPCASH